Minggu, 17 April 2011

Dampak perubahan teknologi bagi manusia (trend tablet)


Shalom ... Kali ini saya coba untuk menulis tentang dampak perubahan kemajuan teknologi bagi manusia. Begitu pesatnya perkembangan teknologi di dunia ini, baik dalam bidang komunikasi, gedget dan teknologi komputer. Dan kemajuan ini sangat membantu kegiatan manusia baik dalam bidamg pekerjaan, rumah tangga, pemdidikan dan kehidupan sosial.


Perkembangan teknologi ini sangatlah memudahkan kehidupan kita. Tetapi tidak selamanya kemajuan teknologi berdampak baik bagi kehidupan manusia. Dan menurut saya yang salah itu bukan teknologinya, karena teknologi itu mati dan hanya berkembang bila dikembangkan oleh manusia. Yang salah itu manusianya (user). banyak user yang menyalahgunakan kemajuan teknologi yang ada yang telah diciptakan, yang seharusnya untuk mempermudah kehidupannya. Dia tidak mengunakan teknologi sesuai kegunaannya.

Nah sekarang saya akan membahas perubahan kemajuan teknologi terhadap gedget yang sekarang sedang trend.

Tablet adalah gedget yang lagi trend. Saya pertama kali mengenal tablet, yaitu saat apple mengeluarkan Ipad. Di situlah awalnya saya mengenal yang namanya tablet meskipun sebelum munculnya ipad sudah banyak tyablet yang tersedia.

Namun tablet apple masih memiliki kekuarangan. Dia belum bisa melakukan kegiatan ditelpon dan menelpon tidak seperti samsung galaxy tab. Sebenarnya iPad juga bisa tapi harus mengunakan koneksi interneg. Sedankan galaxy tab dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan kartu seluler biasa.

Inilah dampak-dampaknya :

Dampak positif dari kemajuan teknologi dibidang gedget Tablet adalah dapat memudahkan pekerjaan, sebagai alat hiburan, dapat berselancar didunia maya dengan nyaman. Tablet juga bisa disebut sebagai mini laptop, tablet lebih sederhana dan mudah dibawa-bawa karena bentuknya yang kecil dan kemampuannya tidak jauh beda dengan laptop.

Dampak negatif dari gedget Tablet, menurutsaya yang membuatnya jadi berdampak negatif bukanlah kemajuannya dari teknologinya melainkan kesalahaan dari user.
Salah satu dampak negatifnya adalah user bisa bebas membuka situs-situs porno, tidak konsentrasi terhadap pekerjaan dikarenakan sibuk dengan tabletnya sendiri. Contohnya wakil rakyat kita. Disaat sedang diadakan rapat dia malah asik-asikan bermain tabletnya dan ketahuan membuka situs yang dilarang. Katanya sih tidak sengaja dibuka. Tapi disini saya bukan membahas soal situs yang dia buka. Tapi apa yang dia lakukan saat sedang bekerja. Bukannya membahas soal rakyat malah asik bermain dengan gedgetnya. Contoh lainnya adalah seorang pelajar tidak bisa konsentrasi belajar dikarenakn dia hanya bermain dengan tabletnya sendiri bukan fokus utntuk belajar.

Terbukti yang salah bukanlah teknologinya, melainkan usernya J. Jadi gunakanlah teknologi dengan sebaikknya jangan sampai kita dihancurkan oleh teknologi yang dikarenakan kesalahan kita sndiri. Malu dong, masa manusia dikalahkan oleh benda mati.

Agar kita tidak di hancurkan atau disesatkan teknologi, mari kita perdalam ilmu agama kita. Kenapa ilmu agama ??? ya tentu karena ilmu Agama mempelajari tentang hal-hal yang boleh dan yang tidak boleh kita lakukan. Ilmu Agama mempelajari tentang nilai-nilai kehidupan, ilmu Agama mempelajari tentang moral kehidupan. Jadi jangan remehkan ilmu agama. Karena tanpa ilmu agama semuanya akan terlihat sama. Gelap dan terang tidak akan ada bedanya jika kita tidak mendalami ilmu agama didalam kemajuan teknologi yang pesat ini.

Cuma itu yang dapat saya sampaikan tentang kemajuan teknologi, baik positif dan negatif dan cara menangkalnya.

Jika terdapat kesalahan dalam artikel yang saya tulis. Tolong di maafkan dan di maklumi.
Bagi yang memiliki masukan untuk blog ini, silahkan berikan pendapat anda.

Shalom ... JBU ... ^_^ ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar