Selasa, 22 Februari 2011

Symbian OS

RESENSI SISTEM OPERASI

Disini saya akan meresensi sistem operasi Symbian Pada handphone. Sebelum nya saya akan membahas sedikit tentang Sistem Operasi HandPhone yang berbasis Symbian.
Sejarah Symbian
Symbian OSdikembangkan oleh SymbianLTD. Symbian adalah Sistem Operasi Tak bebas yang diperuntukkan sistem oprasi pada peralatan bergerak (mobile).
Psion adalah perusahaan pengembang sofware yang berdiri pada tahun 1980 yang didirikan oleh Davit Potter. Dan menghasilkan sistem operasi yang diberi nama EPOC. Dan sistem operasi ini lebih diperuntukan pada telpone bergerak (mobile).
Dan pada tahun 1998 perusahan Psion membangun kerjasama dengan perusahaan Ericsson, Nokia, dan Motorola untuk mengekspolrasi lebih jauh konvergensian antara PDA dan Telepon Seluler yang diberi nama Symbian. Dan pada tahun 2004 Psion menjual saham dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC release atau Symbian V5.
Kemungkinana muncul perangkat yang bernama SmartPhone lalu munculah versi-versi Symbian selanjutnya. Symbian V6 adalah pengenmbangan Sistem Operasi Symbian V5. Kelebihan Symbian V6 adalah karena sudah bersifat terbuka dan dapat menginstal perangkat lunak dari berbagai pengembang aplikasi. Symbian OS V 9.1 dikeluarkan pada tahun 2005. Dengan pengembangan terhadap sistem keamanannya yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini berfungsi sebagai pengatur hak akses pada aplikasi yang diinstal pada perangkat. Dan muncul pula Symbian V9.2 dan Symbian V9.3 yang sudah suport terhadap koneksi Bluetooth v 2.0 (Symbiam V 9.2). dan telah mengususng teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai komponen standar nya (Symbian V 9.3) dirilis pada 12 juli 2006.

Kelebihan Pada Symbian OS
$    Small, kaya feature
$    Platform terbuka untuk aplikasi-aplikasi Third-Party
$    Dapat terkoneksi dengan baik terhadap perangkat-perangkat lain
$    Platform yang selalu berkembang
$   High performance, multitasking, dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus     dan pengamanan pada memory.
$   Battery lebih awet
$   Dan dapat berjalan dibeberapa device.
$   Bersifat terbuka, tapi tidak terbuka bebas karena tidak terdapat kode sourch yang dapat dirubah. Hanya terbuka secara umum saja.

Kelemaham pada Symbian OS
$  Font yang terdapat pada handphone berbasis Symbian tidak dapat di perbesar.   Dan hanya memiliki ukuran standar. Tidak seperti handphone yang berbasis JAVA. Pada umumnya tulisan ini berguna bagi user yang sudah lansia karena membutuhkan tulisan yang lebih dari standar agar dapat membaca tulisan dengan jelas.
$  Bersifat terbuka, tapi hanya terbuka pada pengubahan tampilan nya saja. Tidak untuk kode sourc nya.
$   Mudah terkena virus
$   Hanya memiliki ram yang sangat kecil
$   mudah error

Jenis-jenis Symbian OS
$   Crystal, jenis ini memiliki banya feature. Tampilan LCD yang besar dan mendatar, keyboard yang baik, dan dapat menamnpung banyak informasi yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis.
$  Pearl, ini mungkin tipe yang paling sederhana. Karena hanya rerdapat LCD yang kecil dan keyboard terbatas.
$  Quartz, unutk kemampuan ponsel Touch-Screen yang sudah memiliki keyboard virtual.

Kesimpulan:
Sistem Operasi Symbian OS terhadap handphone bukanlah yang terbaik. Tapi Symbian OS merupakan sistem operasi yang palaing gampang digunakan dan banyak digunakan oleh produsen telepon seluler. Symbian juga gampang terserang Virus, Mudah error, dan kebanyakan low Ram.

sumber :
-Dan Pengalama Peribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar