Sabtu, 07 April 2012

Penulisan Ilmiah

1. Bagian Awal, terdiri atas:
Halaman Judul
Ditulis sesuai dengan cover depan Tulisan Ilmiah standar Universitas Gunadarma.

Lembar Pengesahan
Dituliskan Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang, Tanggal Lulus, dan tanda tangan Pembimbing, Kasubag. PI, serta Ketua Jurusan, sesuai dengan jurusan masing-masing.

Abstrak dan Abstract
Berisi ringkasan dari tulisan. Maksimal 1 halaman saja, dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kata Pengantar
Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaan penelitian tulisan ilmiah yakni : Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Kasubag PI, Pembimbing, Perusahaan, Keluarga, Rekan-rekan, dan lain-lain.

Daftar Isi
*Daftar Tabel
*Daftar Gambar
*Daftar Lampiran
(*Bila Ada)

2. Pendahuluan
Pendahuluan menguraikan pokok persoalan, terdiri dari :
Latar Belakang
Menguraikan mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahan yang bersangkutan.

Batasan Masalah/ Ruang Lingkup
Memberikan batasan yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji.

Tujuan
Menggambarkan hasil yang diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban
terhadap masalah yang diteliti.

Metode Penelitian
Bagian metode penelitian menjelaskan secara rinci setiap kegiatan yang dilakukan untuk menjawab tujuan yang sudah diuraikan pada bab 1. Bagian ini juga menjelaskan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam penelitian (jika ada). Inti dari bagian ini adalah pembaca dapat melakukan ulang persis seperti peneliti lakukan berdasarkan uraian yang diberikan peneliti dalam bagian ini. Semua langkah-langkah yang dilakukan tidak boleh ada yang ditutupi, dan dijelaskan secara kronologis dan sistematis. Untuk penelitian ilmu komputer, bagian ini dapat diisi dengan uraian peralatan yang dibutuhkan, algoritma/ metode yang digunakan, prosedur implementasi (mengacu pada SDLC). Contoh bagian Metode Penelitian yang dapat digunakan sebagai rujukan (tidak mutlak harus seperti ini, tergantung dari kebutuhan masing-masing):

Perangkat yang Dibutuhkan
Contoh:
Penelitian ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah satu (1) unit komputer pribadi lengkap dengan spesifikasi minimum........ Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah......

Prosedur Pembuatan Aplikasi
Pada bagian ini dijelaskan prosedur pembuatan aplikasi dengan detil, bukan pembuatannya.
Contoh:
Pembuatan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap:
1. pembuatan rancangan input. Rancangan input dibuat menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan dijelaskan rancangan inputnya di sini).
2. pembuatan rancangan output. Rancangan output dibuat menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan dijelaskan rancangan outputnya di sini).
3. pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram alur.
4. pembuatan naskah program. Naskah program dibuat menggunakan bahasa pemrograman......

Uji Coba Aplikasi
Dijelaskan dengan detil bagaimana uji coba aplikasi dilakukan dan apa yang diamati dalam uji coba tersebut. Contohnya: Uji coba aplikasi didahului dengan proses debugging. Program yang sudah valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan selama ... kali. Hal yang diperhatikan selama berjalannya program adalah konsistensi output yang dihasilkan..........dst...dst.

Sistematika Tulisan Ilmiah
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Tulisan Ilmiah, dibuat/ diurai dalam paragraf.

3. Tinjauan Pustaka
Menguraikan teori-teori yang menunjang tulisan/ penelitian (definisi, pengertian, dan lain- lain), yang bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya. Dapat pula ditambahkan Tool/ Program penunjang yang digunakan untuk membantu penelitian, sebatas sejarah perkembangan, kelebihannya, keuntungan dan keterbatasan tool. Tidak perlu memasukkan manualnya. Dianjurkan untuk memasukkan minimal satu artikel (dari jurnal/ prosiding) yang mendukung. Penunjukkan referensi perlu dimasukkan jika pada bab ini dikutip. 

4. Gambaran Umum Perusahaan (untuk yang melakukan penelitian/ kerja praktek di perusahaan)
Menguraikan secara singkat profil perusahaan tempat dilakukannya kerja praktek/ penelitian. Dibuat bab sendiri (tidak termasuk dalam landasan teori).
  
5. Analisa dan Hasil ATAU Perancangan dan Implementasi
Bagian ini dapat dipecah menjadi beberapa bab (misalnya Bab 3 dan Bab 4) tergantung kebutuhan :
- Hasil Penelitian (Analisis Perusahaan)
Menguraikan hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait dengan penelitian.

- Perancangan dan Implementasi
Menguraikan tentang perancangan dari aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layout input, output atau hasil dan menguraikan bagaimana cara membuat aplikasi tersebut, berikut tampilan hasilnya. Setiap hasil berupa gambar ataupun tabel, diceritakan atau dideskripsikan. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak disebutkan untuk penggunaan akhir dari aplikasinya. Jika membuat situs, ada bagian tersendiri untuk menceritakan cara menggunggah situs. Jika melakukan uji coba program ditambahkan bagian tersendiri hasil kuesioner preferensi user

6. Penutup
- Simpulan
Berisi jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang diperoleh dari penelitian.

- Saran
Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan pengembangan penelitian. Saran lebih ditujukan bagi pengembangan dari aplikasi atau situs.

7. Daftar Pustaka (menggunakan sistem Harvard, author-date style)
- Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dan lain-lain), yang digunakan dalam
tulisan.

- Berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk
setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga
sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam
tubuh tulisan.

- Nama pengarang asing ditulis dengan format : nama keluarga, nama depan (dibalik).
Nama pengarang Indonesia (ras ASIA) ditulis normal (tidak dibalik).

- Gelar tidak perlu dituliskan.

-  Setiap pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri). Jarak antara satu pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak 2X enter.

- Semua nama pengarang ditulis lengkap.

- Tahun terbit disarankan minimal tahun 2005 (maksimal 10 tahun di belakang), kecuali pustaka yang ‘langka’.

- Sumber pustaka lainnya dari jurnal/ prosiding atau internet non formal.


Sumber : http://parno.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30363/Petunjuk_PI_SI_2012.pdf

Kamis, 05 April 2012

Kerangka Penulisan Ilmiah

Bab 1
Pendahuluan

1.1    latar belakang masalah
salah satu perkembangan teknologi yang begitu pesat adalah teknologi wireless, baik melalui perangkat handphone, PDA, dan sebagainya. Teknologi wireless ini sendiri sangatlah luas mencakup bidang mulai dari radio, televisi dll.

1.2    Batasan Masalah
Penulis membatasi pada penulisan dan penelitian hanya pada penggunaan dasar mengenai J2SE, dan mengimplementasikan kamus 3 bahasa dalam telepon selular.

1.3    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah diharapkan aplikasi yang dibuat dapat berguna bagi pengguna aplikasi tersebut.

1.4    Metode Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah :
1.4.1    Studi pustaka
Penulis mendapatkan refrensi dari buku-buku, artikel yang dibaca oleh penulis.
1.4.2    Uji coba
Setelah berhasil membuat aplikasmus 3 bahasa, penilis menguji coba aplikasi tersebut.

1.5    Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penulisan ilmiah ini, penulis membagi menjadi 4 bab, yaitu :

Bab 1 Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang melakukan penulisan, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian.
Bab 2 Landasan Teori
Barisi tentang landasan teori pembuatan aplikasi ini, dan menjelaskan tentang sejarah J2SE.
Bab 3 Pembahasan
Menjelaskan tentang cara pembuatan aplikasi kamus 3 bahasa.
Bab 4 Penutu
Berisi kesimpulan dan saran.



Bab 2
Landasan Teori

2.1 mobile Era
Telepon selular dan interne adalah dua fenimena yang paling menarik menjelang akhir abad lalu.
2.1.2 J2ME
Bila dibanding wap dengan bahasa pemrograman wml maka J2ME memiliki beberapa kelebihan yang berarti.

2.2 Kenapa ada kamus?
Ilmu bahasa bukanlah ilmu sulit. Seorang bayi ketika baru lahir belum mengenal bahasa apapun. Kemudian mulailah mengenal kata demi kata dari suara yang didengar dari sekitarnya.
2.2.1 Kamus umum dan kamus khusus
Kamus disini lazim diartikan sebagai kamus yang berkaitan dengan arti kata dan seluk basaha. Asa dua jenis kamus umu yang diketahui, yaitu : kamus lengkap dan kamus ringkas.
2.2.2 Jenis-jenis kamus
1. kamus umum
2. kamus lebih dari 1 bahasa
3. kamus subyek
4. kamus pelengkap

2.3 analisa algoritma
Manusia di dalam melaksanakannya selalu saling berinteraksi satu sama lain. Proses interaksi tersebut merupakan usaha untuk menginggkatkan kualitas dan kesejahtraan kehidupannya.

2.4 Teknologi java
Ada beberapa alasan mengapa java dipilih untuk aplikasi komunikasi bergerak.
1.    Java merupakan bahasa pemrograman yang aman.
2.    Bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang kokoh.
3.    Portabilitas bahasa java sangat berguna dalam aplikasi wireless.
2.4.1 menggapa menggunakan java ?
J2ME merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk mengimplementasikan pada peralatan embedded dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasikan menggunakan J2SE.
2.4.2 J2ME configuration
J2ME configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Oleh karena setiap handheld divice memiliki vitur yang berbeda-beda.
2.5 Hardware and Software
Adapun kebutuhan hardware dan softwarenya adalah :
1.    Sistem operasi winXP
2.    Ruang harddisk
3.    Memori
4.    JDK versi 1.3



Bab 3
Pembahasan

3.1    Permasakahan
Tidak aneh lagi bila benda sebesar genggaman tangan memiliki multifungsi seperti
komputer, kamera digital, telepon bahkan televisi.

3.2    Pemrograman database pada midilet
Dalam sebuah komputer, umumnya menyimpan file pada disket, tape atau harddisk agar digunakan kemudian.
3.3    Record management system
 RMS merupakan implementasi database untuk digunakan dalam midlet java yang berorientasi record.
3.4    Image pada J2SE
Objek image diperlukan untuk meletakkan objek gambar yang bersifat imutable atau mutable.
3.5    Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau yang memperlihatkan urutan dan hubungan antara proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol.


Bab IV 
Penutup


4.1    Kesimpulan
Aplikasi mobile multimedia melalui jalur multimedia berkembang dengan cepat. Mobile multimedia bukan hanya sebagai sarana untuk kebutuhan hiburan saja melainkan sudah menjadi salah satu wacana untuk menyampaikan suatu informasi.
4.2    Saran
Saran yang dapat diberikan penulis untuk aplikasi ini adalah :
1.    Untuk mencoba aplikasi J2ME tidak harus memiliki handphone yang mendukung midip.
2.    Arti kata yang  telah diketahui atau dihafal dapat digunakan dengan kata baru.





Daftar pustaka
Lampiran Gambar
Lampiran Listing Program